Mengapa Mobile App Penting?

peluang aplikasi mobile

Memasuki era digital, aplikasi telah mengubah gaya hidup. Sadar atau tidak 88% waktu konsumen dihabiskan di aplikasi dibandingkan dengan mobile web. Aplikasi sangat bermanfaat untuk meningkatkan branding, omzet, menghemat biaya cetak brosur, dll.

Jika Anda masih ragu tentang pentingnya mobile apps, simak beberapa hal berikut.

Apakah MOBILE APPS hanya diperlukan oleh segelintir orang yang memiliki usaha tingkat menengah hingga atas, organisasi, perusahaan jasa dan semacamnya. Untuk karyawan, ibu rumah tangga dan pekerja-pekerja biasa lainnya tidak membutuhkan mobile apps (kecuali jika ingin menjalankan bisnisnya)?

– Semua orang akan membutuhkan mobile apps untuk menggantikan media cetak, seperti undangan, kartu nama, Company Profile, dll. Jadi tidak terbatas pada kalangan tertentu. Ibu2 bisa juga menggunakan APPS UNTUK GROUP ARISAN, KOMUNITAS, SILSILAH KELUARGA, atau UNDANGAN ANAK ULANG TAHUN. Ingat, dulu orang juga merasa nggak harus punya EMAIL, hari ini syarat orang buka rekening di BANK harus punya EMAIL. Lihatlah jaman VIRTUAL ke depan, seperti di FILM FILM, ketika tidak ada lagi Mobile Phone, saat itu semua orang sudah harus punya alamat di APPS. Film adalah bocoran masa depan. Memang nggak banyak orang akan paham dengan apa yang akan terjadi di kemudian hari, dulu juga orang menertawakan AGODA dan TRAVELOKA… hari ini mereka yang paling sukses. Kita juga ada FREE APPS PPOB untuk semua member ,  bisa beli PULSA, beli Voucher, bayar Listrik, PLN, dll. COMPRO saat ini sudah LUAR BIASA dan terlalu maju untuk orang orang yang belum paham, tapi kedepan kita akan di UPGRADE terus.

Bagaimana jika saya sebagai pengguna mobile phone, dan juga banyak orang lainnya pastinya tidak mau menginstall apps dalam jumlah yang banyak? Kebanyakan orang akan menginstall beberapa apps yg umum dan dipakainya saja.

– Sangat benar hari ini orang  menginstal APPS hanya yang dibutuhkan supaya MOBILE PHONE tidak penuh, sama dengan ada jutaan pengguna INSTAGRAM, yang kita FOLLOW adalah yang kita suka. Yang nggak kita suka, nggak akan kita FOLLOW. Tapi ketika mencari, kita tahu bahwa Apps itu ada di PLAYSTORE atau APPLESTORE. Ingat sedunia sedang mengarahkan orang untuk mendownload APPS bukan membuka WEBSITE, karena memang ke depannya WEBSITE akan digantikan APPS… karena begitu banyaknya kelebihan yang dipunyai APPS dan tidak bisa dilakukan WEBSITE. Bayangkan kalau perusahaan kita ketinggalan tidak punya APPS.

– Yang juga patut dipertimbangkan, KOMPUTER jaman dahulu memory sangat kecil. Hari ini memori sudah seperti UNLIMITED. Kalau sekarang MOBILE PHONE semakin lama semakin besar memorynya, karena memang perusahaan akan mengeluarkan setiap beberapa bulan sekali yang memory nya lebih banyak, supaya kita beli MOBILE PHONE baru. Tapi sadarilah ada satu lagi kelebihan MOBILE APPS adalah… kita punya STORAGE (GUDANG) di CLOUD (UDARA)  yang bisa dimanfaatkan. Dan ketika jaman VIRTUAL… tidak ada lagi batasan memory, karena semua sudah ada di CLOUD. Yang penting ketika kita cari  ada.

Mengapa kita harus punya APPS? Ketika orang ingin mencari jam tangan, baru akan menginstall apps nya (itupun jika tahu bahwa ada satu apps di google playstore yang menjual jam tangan yang bagus dan harga yg bersaing, jika tidak tahu mungkin si pembeli akan mencari ke offline shop biasa), atau mencari ke marketplace ( Tokopedia/Lazada/ Shopee)

– Kita punya LANDING PAGE Web Add On FREE yang bisa disearch di BROWSER untuk memudahkan orang mencari  apps kita di GOOGLE atau YAHOO selain di PLAYSTORE atau APPLESTORE berdasarkan kategori yang kita input.

Salah satu jawaban untuk perbandingan punya APP sendiri lawan titip barang ke MARKET PLACE

-Kalau kita masuk ke TOPED, SHOPEE dll berarti sama dengan kita masuk MARKET PLACE (bayangkan masuk ke SOGO, MATAHARI) barang yang didisplay akan dibatasi.. dan berarti kita juga membuka kesempatan orang lain mengecek produk yang mirip dengan kita punya. Kalau APPS KITA  berarti ada lah TOKO KITA SENDIRI fokus ke PRODUK2 kita… semua informasi lengkap… juga…GOOGLE MAP, VIDEO, bisa juga PUSH NOTIFICATION dan MEMBER POINT REWARDS….  Coba perhatikan NIKE punya STORE sendiri di Mall Mall. Meskipun dia juga titip barang di PLANET STATION, MATAHARI, atau SOGO.

-MOBILE APPS menggunakan PLATFORM COMPRO, sangat mudah digunakan, dan bisa juga menggantikan MEMBERCARD untuk DIGITAL. Termasuk bisa memberikan POINT REWARDS. Dan juga bisa mempunyai POINT YANG BISA DIBELANJAKAN. Ini akan sangat memanjakan CUSTOMER kita, dan akan membuat mereka mengenalkan CUSTOMER BARU JUGA… yang akan MEMBUAT MEREKA MENJADI CUSTOMER SETIA.

Bagaimana supaya orang mau mendownload/install app kita?

UNTUK TOKO ONLINE

Adakan beberapa produk yang bisa dibeli lebih murah dari harga market dan itu diadakan secara berkala, jadi orang akan sering membuka apps kita. Nantinya mereka akan juga rajin browsing produk-produk yang lain.

UNTUK COMMUNITY

Bikin semua jadwal tahunan, dan juga segala informasi selalu terupdate di app kita, sekaligus jadikan tempat penyimpanan dokumentasi Photo dan Video Komunitas itu.

UNTUK PUBLIC FIGURE

Lengkapi semua informasi tentang foto dan video Public Figure, juga jadwal-jadwalnya secara lengkap. Adakan jumpa fans dengan syarat ‘Tiket Masuk’ nya berupa menunjukkan Mobile Phone nya sudah terdownload App Si Public Figure.

UNTUK PERUSAHAAN

Isi data selengkap mungkin untuk menggantikan COMPANY PROFILE dan BROSUR, juga detail-detail  kegiatan perusahaan di dalam bentuk Video. Kalau ada banyak cabang, jangan lupa masukkan seluruh alamat kantor cabang di Google Map nya.

 

UNTUK MALL / RESTO

Jadikan pengganti Member Card, di mana informasi TOKO yang DISCOUNT dan KEGIATAN ACARA selalu terupdate. Jika perlu adakan jualan produk-produk murah titipan Tenant Mall/ makanan RESTO dengan harga khusus  secara bergantian… , yang benar2 murah… dan hanya bisa dibeli melalui App Mall/resto tsb.

UNTUK SEKOLAH/LES

Beri semua informasi jadwal pelajaran dan jadwal libur di apps. Wajibkan semua siswa dan orang tua mendownload appsnya. Kasih informasi lengkap mengenai guru-gurunya. Juga Video2 kegiatan sekolah.

UNTUK GEREJA/MASJID/VIHARA/PURA

Gantikan buletin/warta/brosur informasi mingguan dengan informasi melalui apps. Ekspose sejarah dan tokoh-tokoh tempat ibadahnya. Berikan lokasi Google Map.

Untuk penyebaran mendownloadnya bisa melalui send LINK dari WA ke semua KONTAK MOBILE PHONE, SOSMED seperti FACEBOOK atau INSTAGRAM dan juga POSTER.

Dikutip dari Soegimitro’s Channel Info (1st COMPRO International Director)